Ford rugi $5M gara-gara EV & tarif Trump!
Drama Ford tahun 2024 ini bikin speechless: rugi $5 miliar cuma gara-gara program kendaraan listrik (EV) yang flop! Bayangin, F-150 Lightning—truk listrik andalan mereka—kalah saing sama Cybertruck Tesla. Yaelah, Elon Musk sampe bisa nyolong gebetan Ford pake desain futuristik ala Iron Man?
Tapi tunggu, ini bukan cuma soal EV. Pemerintahan Trump nyodorin ancaman tarif impor mobil sampe 25%, yang bikin CEO Ford, Jim Farley, angkat bicara: “Jangan asal tempel tarif, dong! Hyundai-Kia dan Toyota aja bebas impor ribuan unit!”
Tarif Impor Ala Trump: Bikin AutoPusing atau AutoKaya?
Farley ngamuk halus di konferensi pers : “Kebijakan tarif harus adil buat semua, bukan cuma buat player tertentu!” Intinya, dia gamau kompetitor kayak Hyundai-Kia enak-enakan impor mobil tanpa beban tarif, sementara Ford harus gigit jari.
Nah, tarif 25% buat impor dari Meksiko & Kanada ini bisa ngabisin laba industri otomotif AS sampe miliaran dolar. Efek domino? Harga mobil naik, lapangan kerja ciut, dan konsumen nyesek dompet. Tapi Farley masih keep hope: “Trump ngerti kok industri otomotif itu penting buat ekonomi AS!”
Kalo tarif ini beneran diterapin, harga pickup Ford bisa lebih mahal dari tas Hermès. Yaudah, mending beli tas sekalian?
EV Ford Kena Mental: Cybertruck vs Lightning, Siapa Lebih ‘Ngecharge’?
Foto: Ford
F-150 Lightning itu kayak pacar lama yang ditinggal gebetan baru. Tahun lalu, Cybertruck Tesla ngacengin pasar truk listrik sampe Ford keteteran. Padahal, Ford lagi ngotot bangun platform EV murah—tapi teknologinya masih loading 70%.
Plan B mereka? Ngegas mobil hibrida jarak jauh yang mix antara mesin bensin & motor listrik. Strategi ini ngimingin konsumen yang masih galau mau full EV. Cerdas sih, tapi apa cukup buat ngebalap Tesla?
Tarif, EV, & Masa Depan Ford: Ada Jalan Keluar atau Cuma Jalan Tikung?
Ford sekarang kayak orang kejeduk dua kali: EV-nya terbakar duit, tarif impor bikin pusing tujuh keliling. Tapi Farley ngotot kasih solusi:
- Kebijakan Tarif Harus Global: Jangan cuma nargetin Meksiko-Kanada, tapi semua brand impor. Biar persaingan fair kayak lomba lari tanpa cheat code.
- Fokus ke Teknologi Hibrida: Sambil nunggu EV murah siap, hibrida bisa jadi senjata rahasia buat jegal Toyota & Hyundai.
- Kolaborasi atau Mati: Ford perlu open collab sama produsen global buat split biaya R&D. Bayangin Ford × Tesla bikin EV—bakalan epic atau toxic?
Tantangan terbesar? Efisiensi biaya. Kalo Ford bisa slash budget produksi, harga mobil mereka bisa lebih ramah kantong. Tapi ini butuh waktu—sementara pasar nagih hasil sekarang.
Masa Depan Ford: Bangkit Jadi Raja atau Tenggelam Jadi Legenda?
Ford sekarang di ujung tanduk: $5 miliar lenyap, tarif impor ngancam, dan EV masih jauh panggang dari api. Tapi jangan remehin perusahaan 120+ tahun ini!
Kuncinya ada di kebijakan pemerintah AS. Seandainya tarif impor dimanage dengan adil + ada insentif buat riset EV, Ford bisa balik modal. Tapi kalo Trump cuma tebar ancaman tanpa solusi, siap-siap aja liat Ford jadi boomer yang ketinggalan zaman.
Satu hal pasti: Industri otomotif AS butuh tim solid—pemerintah, perusahaan, dan konsumen—biar nggak kalah sama Eropa atau China. Kalo Ford bisa adaptasi cepat, siapa tau tahun depan mereka drop EV keren yang bikin Tesla iri.
#FordComeback? Kita tunggu aksi selanjutnya!
Terakhir diperbarui: 07 Februari 2025